caturtunggal.com http://caturtunggal.com web desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta Wed, 29 Jul 2015 13:47:39 +0700 CMS KOMA v1.00 id http://caturtunggal.com http://caturtunggal.com/images/logo.gif caturtunggal.com Peringatan hari jadi ke 67 desa caturtunggal http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16622 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16622 Thu, 2 Apr 2015 00:14:24 +0700 Agus Santoso S.Psi Informasi http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16622 Merunut pada maklumat gubernur DIY, bahwa penetapan hari jadi desa caturtunggal adalah tanggal 19 april 1948, sehingga sampai sekarang usia desa caturtunggal sudah mencapai 67 tahun. Dan pada kesempatan kali ini desa caturtunggal memperingati hari jadi nya rengan menggelar kegiatan al: bazar yang dilaksanakan hari jum'at dan sabtu, tanggal 17 dan 18 april 2015, dengan berbagai macam stand di dalam nya.  Kirab budaya yang dilaksanakan hari minggu, tanggal 19 april 2015, dengan menampilkan seluruh potensi yang ada di desa caturtunggal untuk mengikuti kirab tersebut. Wayang kulit yang dilaksanakan hari jum'at, tanggal 24 april 2015, dengan dalang ki seno nugroho, lakon "semar kembar", bintang tamu den baguse ngarso, dan dengan puluhan angkringan "gratis".

]]>
http://caturtunggal.com/rss-comments/
"Gropyok sampah" http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16613 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16613 Mon, 23 Feb 2015 11:13:09 +0700 Agus Santoso S.Psi Informasi http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16613 Menindak lanjuti surat edaran dari gubernur daerah istimewa yogyakarta nomor 658/0981 tanggal 2 februari 2015 tentang pencanangan bulan februari sebagai bulan peduli sampah, dan surat dari kecamatan depok no 660/108 tanggal 17 februari 2015 perihal partisipasi edukasi dan gropyok sampah, maka desa caturtunggal mengadakan kegiatan edukasi dan ropyok sampah (gotong royong membangun kepedulian terhadap sampah) hari ini jum'at, 20 februari 2015. Jam 7.30 di sepanjang jalan kaliurang ruas lampu merah ringroad utara manggung sampai lampu merah kocoran/ selokan mataram.

]]>
http://caturtunggal.com/rss-comments/
Festival Jajan Pasar & Hijabbers Larissa 2015 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16612 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16612 Mon, 16 Feb 2015 09:01:05 +0700 Agus Santoso S.Psi Informasi http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16612

Minggu, 15 Februari 2015 bertempat di GOR Klebengan, Larrisa dan PKK Desa Caturtunggal proudly present " Festival Jajan Pasar dan Hijabbers Larissa 2015". Acara ini terselenggara atas kerjasama Larissa dengan PKK Desa Caturtunggal.

Dengan menghadirkan bintang tamu utama Chef Juna ini, berhasil menyedot ribuan pengunjung yang tidak lain adalah warga Desa Caturtunggal dan sekitarnya. Acara ini juga dihadiri oleh Camat Depok, Bapak Drs. Budiharjo, beserta istri dan juga Kepala Desa Caturtunggal, Bapak Agus Santoso, S.Psi.

Acara yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB sampai dengan 18.30 WIB ini bertemakan Love is love. Dengan kategori lomba memasak jajanan pasar dan votting terbanyak. Peserta lomba merupakan perwakilan dari masing-masing padukuhan di Desa Caturtunggal.

Chef Juna sebagai Juri memutuskan perwakilan dari Padukuhan Seturan sebagai Juara I dan langsung dinobatkan sebagai Icon Jajanan Pasar Larissa 2015 dengan masakan "Lasagna Tempe". Disusul "Putri Mandi Saus Durian" yang merupakan masakan Perwakilan dari Padukuhan Gowok sebagai Juara II dan "Tiwul" dari Padukuhan Mrican sebagai Juara III. Sedangkan untuk kategori votting terbanyak dimenangkan oleh Padukuhan Gowok dengan merebut sebanyak 136 votting pengunjung.

Salam Caturtunggal.

 

]]>
http://caturtunggal.com/rss-comments/
Sepeda Gembira "Gowes" http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16338 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16338 Sat, 14 Feb 2015 00:02:01 +0700 Agus Santoso S.Psi Informasi http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16338 TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kepala Desa Caturtunggal Agus Santoso, resmikan pembentukan komunitas "gowes" di Kantor Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman, pada Jumat (16/03/2012) malam.
Paguyuban bersepeda bernama Caturtunggal Bicycle Club (CBC) ini, merupakan sebuah komunitas yang dimotori para pamong desa. Namun, kemudian keanggotaannya berkembang dengan melibatkan masyarakat luas. Hingga terakhir tercatat ada 60 anggota yang biasa beraktivitas pada hari Sabtu dan Minggu. "Banyak aspirasi dari masyarakat yang ingin ikut bergabung dalam komunitas ini," jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan positif CBC, tak tanggung - tanggung, Agus menerbitkan Surat  Keputusan (SK) resmi pembentukan komunitas tersebut. Selain itu, kepala desa yang sudah memimpin sejak tahun 2007 ini juga mengalokasikan anggaran untuk merangsang aktivitas yang postifi. Ia berharap, melalui komunitas bersepeda, maka akan tercipta kedekatan yang lebih akrab antara pamong desa dengan masyarakat luas. Terutama dalam suasana yang informal dan penuh keakraban. Wajar saja, lantaran selama ini hampir selalu dilaksanakan dalam suasana yang formal. "Aspirasi justru lebih mudah diperoleh dalam suasana yang penuh keakraban," jelasnya.

gowes

Ke depannya, melalui komunitas bersepeda, akan terlahir unit - unit usaha yang terkait erat dengan kegiatan bersepeda. Semisal satu diantaranya muncul bengkel sepeda yang dikelola masyarakat setempat. "Bagi sebagian orang mungkin tidak terpikirkan sampai kesitu, tapi saya yakin akan merangsang kreativitas warga. Coba saja, kalau sepedanya rusak, bisa diperbaiki di bengkel sendiri, kan bisa memberdayakan masyarakat," jelasnya.
Sementara itu, Asrori selaku pembina CBC mengimbau agar semangat dalam komunitas bersepeda ini bisa terus dipelihara. Untuk mewujudkannya, diperlukan pertemuan rutin antar anggotanya. "jangan hanya semangat di awal saja, tapi harus terpelihara bahkan bisa berkembang. Apalagi, sudah diterbitkan SK Kepala Desa," imbuhnya.
Pada kesempatan itu, Didit seorang anggota CBC, menyampaikan rasa senangnya atas peresmian komunitas tersebut. Bahkan ia pun mempersembahkan sebuah gambar yang dijadikan background logo CBC. "Saya bahkan malan ini tak bisa tidur, tak sabar menunggu hari Sabtu," candanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

]]>
http://caturtunggal.com/rss-comments/
TPK Award Desa Caturtunggal tahun 2014 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16382 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16382 Sun, 20 Jan 2013 12:14:08 +0700 Agus Santoso S.Psi Informasi http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16382

     Desa Caturtunggal adalah salah satu penyelenggara pelayanan publik yang melayani masyarakat berkewajiban melakukan upaya penanggulangan kemiskinan yang bersinergi dengan berbagai komponen baik pemerintah, maupun masyarakat. Sesuai pendataan sosial ekonomi bulan September 2014 bahwa Desa Caturtunggal Depok Sleman terdapat warga miskin berjumlah 925 jiwa. Berdasarkan penunjukan Kepala Desa Caturtunggal pada tahun 2011 tentang kepengurusan TPK Desa Caturtunggal kemudian disahkan oleh Kepala Desa tanggal 18 Juli 2012 No. 26/KPTS/VII/2012 tentang susunan pengurus TPK Desa Caturtunggal tersebut pada butir A, maka secara yuridis TPK Desa Caturtunggal secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam kegiatan program penanggulangan kemiskinan.

      Kegiatan penanggulangan kemiskinan di Desa Caturtunggal dilakukan dengan strategi yang dibagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama diberikan perlindungan dan pelayanan bagi keluarga sangat miskin untuk mempertahankan hidup sesuai harkat dan martabat. Selanjutnya pada tahap kedua dilakukan pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan dalam tataran praktis kedua tahap tersebut bisa dilaksanakan secara bersamaan.

      Sementara itu secara rinci strategi dan kebijakan penanggulangan kemiskinan dapat dibagi dalam empat tahap, meliputi :

1. TPK Desa Caturtunggal mengupayakan untuk warga miskin memperoleh layanan kesehatan dan pendidikan dasar sembilan tahun.

2.      Tersedia data dan profil warga miskin di Desa Caturtunggal

3. Tersedia data kegiatan masyarakat secara swadaya dalam penanggulangan kemiskinan di Desa Caturtunggal.

4.   Terlaksana dengan sinergi antara dua pilar Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (SPKD) Kecamatan Depok dalam penanggulangan kemiskinan yaitu meliputi pemerintah dan masyarakat.

 

]]>
http://caturtunggal.com/rss-comments/
Peresmian Jalan Kedawung, Jalan Kapulogo, Jalan Jatempanol Padukuhan Nologaten, Desa Caturtunggal http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16380 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16380 Tue, 15 Jan 2013 08:25:21 +0700 Agus Santoso S.Psi Informasi http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16380 Pada hari Minggu, Tanggal 8 Februari 2015 Warga padukuhan Nologaten berbangga karena telah memiliki jalan yang lebih baik.

Jalan yang berada didepan Balai Padukuhan Nologaten (Jalan Kedawung), Jalan Kapulogo, dan Jalan Jatempanol telah di resmikan oleh Bapak Kepala Desa Caturtunggal,dalam acara tersebut.

Kegiatan Peresmian Jalan tersebut dihadiri oleh Bapak Camat Depok, Bapak Kepala Desa Caturtunggal, Perangkat Desa Caturtunggal, Dan Warga Padukuhan Nologaten yang sangat antusias

Acara yang dimeriahkan dengan kesenian musik kulintang  yang dipersembahkan oleh warga setempat sebagai potensi yang ada di wilayah tersebut.

Pemerintah Desa Caturtunggal sangat konsent dengan kegiatan pembangunan yang ada di wilayah,karena sebagai wujud dari transformasi visi misi beliau dalam menjadikan Desa Caturtunggal lebih Maju sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat langsung.

 

 

]]>
http://caturtunggal.com/rss-comments/
Desa Caturtunggal http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16335 http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16335 Thu, 29 Nov 2012 16:53:10 +0700 Agus Santoso S.Psi Informasi http://caturtunggal.com/?pg=articles&article=16335  

A. KONDISI UMUM WILAYAH
Pada mulanya Desa Caturtunggal merupakan wilayah yang terdiri dari 5 kelurahan, yaitu Kelurahan Karangwuni, Mrican, Demangan, Ambarukmo, dan Kledokan.

kantor desa caturtunggalBerdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang diterbitkan tahun 1946 mengenai Pemerintahan Kelurahan, maka lima kelurahan tersebut kemudian digabung menjadi satu desa yang otonom dengan nama Desa Caturtunggal yang secara resmi ditetapkan berdasarkan Maklumat Nomor 5 Tahun 1948 tentang Perubahan Daerah-daerah Kelurahan.

Desa Caturtunggal termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah Desa Caturtunggal terletak dikawasan perkotaan yang berbatasan langsung dengan Kota Yogyakarta dan terdapat banyak jalan protokol, sehingga lalulintas sangat ramai dan padat sekali. Di samping itu kondisi masyarakatnya juga cukup beragam karena sebagai daerah urban, sehingga kondisi sosialnya sangat komplek dan perkembangan pembangunan sangat cepat.  

B. LUAS DAN BATAS WILAYAH

Luas wilayah Desa Caturtunggal sebesar 889.7480 Ha. Luas wilayah itu terdiri dari :
·Sawah : 30.5142 ha
·Tegal : 137.3503 ha
·Pekarangan : 678.4047 ha
·Lain-lain : 43.4758 ha

Dengan batas wilayah memanjang, dengan batas-batas sebagai berikut :

Batas Utara : Desa Condongcatur
Batas Timur : Desa Maguwoharjo
Batas Selatan : Desa Bangntapan Bantul, dan Kota Yogyakarta
Batas Barat : Sinduadi, Mlati

Jalan yang menghubungkan antara daerah dari Desa Caturtunggal bisa dikatakan sudah cukup baik dan ditunjang dengan adanya sarana transportasi yang memadai, sehingga hal ini berguna bagi kelancaran arus lalu lintas, juga perhubungan dan komunikasi yang mendukung perkembangan, serta dinamika pemerintahan desa. Dengan demikian warga masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas social ekonomi.

peta lokasi kantor desa caturtunggal

C. ORBITASI/JARAK DENGAN PUSAT PEMERINTAHAN

Secara geografis letak Desa Caturtunggal terhadap pusat-pusat kota dan pemerintahan relatif dekat sebagai berikut :

Jarak dari Ibu Kota Negara : 630 Km.
Jarak dari Daerah Kota Propinsi : 5,5 Km.
Jarak dari Daerah Kota kabupaten Sleman : 10 Km.
Jarak dari Kecamtan Depok : 0,5 Km.

D. KEADAAN TANAH

Secara umum tanah di desa Caturtunggal tergolong tanah subur, hal ini bisa dilihat dari adanya lapisan humus dalam tanah yang cukup tebal dan dapat kita buktikan dengan tanaman di sawah dengan hasil cukup baik. Warga masyarakatnya sebagian besar bercocok tanam khususnya desa Caturtunggal sebelah timur sungai Gajah Wong. Namun karena kebijakan pemerintah Kabupaten Sleman bahwa wilayah Kecamatan Depok ditetapkan sebagai daerah urban dan daerah pemukiman, sehingga sawah-sawah berubah menjadi bangunan perumahan dan pertokoan. Akhirnya tanah persawahan menjadi menyempit, walaupun demikian pertanian dan petani dalam arti bercocok tanam padi masih tetap eksis.

E. KEADAAN IKLIM

Di lihat dari iklim, maka desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman merupakan dataran rendah dengan ketinggian tanah dari permukaan laut 150 mdpl, dengan suhu rata-rata 26 sampai dengan 32 derajat celcius, dengan curah hujan rata-rata 2704 mm/tahun.

F. KEADAAN AIR

Keadaan air di wilayah desa Caturtunggal cukup memadai karena terdapat aliran selokan mataram, serta dilewati sungai-sungai seperti sungai Code di sebelah barat, sungai Gajah Wong ditengah dan sungai Tambak bayan di sebelah timur, sehingga ini merupakan sumber pengairan bagi pertanian di desa Caturtunggal. Untuk keperluan pemakaian air minum sebagian besar masyarakat menggunakan sumur gali dan sumur pompa sertta berlangganan PDAM.

bantuan apbdes
G. PEMBAGIAN WILAYAH

Selanjutnya desa Caturtunggal terdiri dari 20 padukuhan, 95 RW dan 297 RT, dusun-dusun itu sebagai berikut:

Wilayah Dukuh
·Wilayah Dusun Manggung : Mujimin
·Wilayah Dusun Karangwuni : Sarwiyono
·Wilayah Dusun Kocoran : Kus Indarti, SH.
·Wilayah Dusun Blimbingsari : Ir. Handoko Wardoyo
·Wilayah Dusun Sagan : Purwanto
·Wilayah Dusun Samirono : Dimyati 
·Wilayah Dusun Karangmalang : Salamun
·Wilayah Dusun Karanggayam : Priyanto, BA
·Wilayah Dusun Mrican : Much. Suyudno
·Wilayah Dusun Santren : Suripto
·Wilayah Dusun Papringan : Giyono DS.
·Wilayah Dusun Ambarrukmo : HM. Syamsudin
·Wilayah Dusun Gowok : H. Pujo Wiratno
·Wilayah Dusun Nologaten : Sagimin, B.Sc
·Wilayah Dusun Tempel : Masijan
·Wilayah Dusun Janti : Sutardi
·Wilayah Dusun Ngentak : Rubimin
·Wilayah Dusun Tambakbayan : Widodo DM.
·Wilayah Dusun Kledokan : Supriyono
·Wilayah Dusun Seturan : Sujito

H. STRUKTUR PEMERINTAH DESA

a. Kepala Desa : Agus Santoso
b. Sekretaris Desa : Aminudin Aziz, S.Si
c. Ka. Bag Pemerintahan : H. Djuminggir
d. Ka. Bag. Pembangunan : H. Kusmono, S.Ag, S.IP.
e. Ka. Bag. Kemasyarakatan : Asrori
f. Ka. Bag. Keuangan : Drs. H. Sunarjo
g. Ka. Bag. Pelayanan Umum : Bambang Harjati Susetyo
h. Ka.Ur. Perencanaan : Andi Suwarno, S.IP.
i. Staf Pamong Desa :
1.Pudjihardjo
2.Sarono
3.Tugimin
4.Gatot Budi Prasetyo
5.Djunadi
6.Sugiyono JP, BcHK, S.IP.
7.Marsudi, S.IP.
8.Sunargito
9.Suparmi
10.R. Sudarmojo
11.Yuli Purnomo
12.Hari Purnomo
13.Hadi Susanto
14.Mursinah

]]>
http://caturtunggal.com/rss-comments/